6 JURUS UNTUK MENGHADAPI ANAK YANG MALAS BELAJAR - TIPS ANAK CERDAS



Selamat malam para pengunjung setia blog PAPAHKEPO

Malam-malam seperti ini enaknya memang istirahat dan tidur,apalagi di tempat saya sekarang sedang turun hujan,, hmm… pasti enak buat meluk kasur dan bantal guling.

Tapi bagi seorang blogger pemula seperti  saya,justru Suasana seperti ini malah saya mampakan  untuk browsing dan menulis artikel tentunya buat anda sekalian.

Sambil ditemani secangkir kopi dan sebaskom cemilan (cemilannya belum datang), saya kembali membuka lembaran koran dan mengacak-acak halaman buku yang berada di depan saya. Buat apa? Yaa tentu saja mencari inspirasi untuk sebuah artikel.

Setelah berulang-ulang membuka tumpukan Koran dan buku,akhirnya saya temukan juga sebuah tulisan ringan namun sarat akan edukasi.

Oke,ini dia hasil searching saya dari sebuah Koran Harian Indonesia (red:KOMPAS) yang saya akan publis ulang dengan gaya bahasa dan tulisan yang sedikit berbeda tentunya.

Artikel kali ini saya beri judul :

6 TIPS UNTUK MENGHADAPI ANAK  YANG MALES BELAJAR

tips-untuk-anak-yang-malas-belajar
agar anak rajin belajar

Memiliki seoarang anak yang sedang duduk di bangku belajar adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi para orang tua,apalagi jika mereka memiliki prestasi yang bagus di  sekolahnya.

Dari mereka kelak prestasi akan tergores,karena mereka adalah penerus masa depan, namun bagaimana jika anak anda adalah termasuk kedalam type anak yang pemalas atau bosan belajar,tentu ini adalah kondisi yang harus digeser dan dihapus dari kepribadian mereka.

Memang ini bukan perkara yang mudah semudah membalik telapak tangan,Lantas bagaimana solusinya?

1. CARI TAHU PENYEBABNYA

Sebelum anda menghakimi anak dengan perintah-perintah belajar secara ekstrim,langkah pertama yang harus anda lakukan agar anak anda mau belajar adalah mencari tahu penyebab yang membuat anak anda malas belajar.

Biasanya penyebab anak malas belajar akan timbul karena mereka terlalu sibuk atau lelah bermain,mengikuti kursus atau baru selesai dari ekstrakurikuler.Atau bisa juga karena mereka kurang  menyukai jenis pelajaran tersebut atau guru yang kurang menyenangkan saat memberikan mata pelajaran tersebut.

Oleh karena itu jangan segan untuk menanyakan kepada anak soal keengganan mereka belajar.

2. KENALI LEBIH DEKAT KARAKTER BELAJAR ANAK

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah,mengenali karakter anak.Setiap anak memilikikarakter maupun gaya belajar yang berbeda-beda.Ada anak yang suka belajar secara kelompok dan dalam suasana santai.

Ada juga anak yang suka  belajar secara ekslusif alias suka belajar di tempat atau ruangan khusus tanpa ingin diganggu.Intinya berikan mereka tempat yang nyaman dan sesuai karakter mereka agar mereka lebih cepat dan mudah menagkap materi pelajaran.

Selain mampu memberikan efek posiif untuk peningkatan kualitas belajar pada anak,memahami karakter belajar pada anak akan mampu memberi ruang pada mereka  dalam berkreasi  lebih jauh.

3. JANGAN SERING MEMBENTAK ANAK

Jika anak anda memang sudah termasuk kedalam type anak pemalas kelas berat,maka jangan sekali-kali membentak mereka atau menyerukan kata-kata kasar kepada mereka ataupun memaksa mereka untuk belajar.

Hal baik yang bisa anda lakukan adalah mengajak mereka berbicara atau berdiskusi.Berikan mereka pengertian tentang pentingnya belajar.

Katakan kepada mereka bahwa belajar bukan haya untuk meraih prestasi di sekolah.Katakan pula kepada mereka bahwa belajar bisa membuat mereka lebih pandai dan lebih disiplin,belajar merupakan sebuah bekal positip bagi masa depan mereka.

4. CIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG MENYENAGKAN

Jika mereka merasa jenuh dengan sebuah materi pelajaran,buatlah aktivitas belajar menjadi labih menyenangkan dan kreatif.Misalnya,membuat materi pelajaran dengan cara main tebak-tebakan,biasanya mereka lebih asyik saat main tebak-tebakan.Untuk pelajaran matematika,anda bisa menggunakan benda – benda riil agar lebih menarik.Sementara untuk pelajaran yang bersifat hafalan,anda bisa merubahnya menjadi sebuah lagu.

5. PAHAMI TINGKAT KONSENTRASI ANAK

Tingkat konsentrasi belajar pada anak akan sangat berbeda-beda.Kenali konsentarsi belajar mereka agar anda bisa mengetahui jenis pelajaran yang sedang mereka sukai dan mengetahui kapan mereka harus beristirahat,bersantai dan mengganti pola belajar dengan yang lebih ringan dan menyenangkan.

6. HARGAI PRESTASI ANAK

Memberikan pujian atas segala bentuk prestasi yang diraih anak adalah sebuah solusi untuk meningkatkan psikologis anak menjadi lebih giat lagi dalam belajar.

Mereka akan selalu merasa sedih jika tidak mendapat pujian dari orang tua.Dorong mereka dan berilah mereka semangat dan kepercayaan diri bahwa mereka pasti mampu meraih prestasi yang lebih baik di masa yang akan datang.

Demikian tips ringan untuk mengatasi masalah pada anak yang malas belajar yang bisa saya rangkum ulang untuk anda.Semoga bermanfaat.


Hujan sudah mulai reda,waktunya untuk saya meraih mimpi bersama guling dan bantal kesayangan. “Good night and good lucky for you all”

Bagikan

Jangan lewatkan

6 JURUS UNTUK MENGHADAPI ANAK YANG MALAS BELAJAR - TIPS ANAK CERDAS
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 Comments

Tulis Comments
avatar
January 29, 2016 at 7:09 AM

mendidik anak memang gak ada lulus2nya. musti sering baca tips kayak ini. Terima kasih

Reply
avatar
January 29, 2016 at 9:13 AM

setuju kang,ini cuma referensi.yang terpenting adalah bagaimana caranya kita memberi yang terbaik untuk buah hati kita,karena mereka kelak menjadi penerus kita.

Reply