HAJI MABRUR ATAU HAJI TAKABAUR???



SIAPA KITA???

HAJI MABRUR ATAU HAJI TAKABUR????




RUKUN ISLAM
1. Syahadat
2. Sholat
3. Puasa
4. Zakat
5. Haji
Haji merupakan  rukun islam yang ke lima atau yang terakhir.
Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang diajurkan kepada seluruh umat isalam yang sudah mampu secara financial dan kerohanian, karena ibadah haji adalah sebuah panggilan khusus dari Allah terhadapap umatnya
Ibadah haji dilakukan di Negara Saudi Arabia tepatnya dikota makkah dengan melalui prosesi ritual tertentu sampai dengan selesai.
Jika ibadah haji merupakan sebuah panggilan dari Allah, lalu kenapa banyak orang yang selasai pergi haji tapi karakter dan tabiat mereka tidaklah berubah menjadi lebih baik justru malah menunjukan sebuah karakter yang terkadang amat tidak baik untuk dijadikan contoh.
Dengan gelar kehajian yang dimiliki, mereka malah bertingkah seolah orang yang paling mulia dan selalu ingin disegani, padahal tingkat ketaqwaan bukan didapat  dari kehajian semata. Fenomena ini yang kerap terjadi ditengah-tengah umat islam dan inilah yang harus dihindari.
Boleh jadi, haji mereka bukanlah HAJI MAMBRUR tetapi HAJI MABUR Alias HAJI TAKABUR.
Pembaca yang di Rahmati Allah, seorang haji yang baik adalah seseorang yang mampu menjaga gelar kehajian dengan arif dan penuh keimanan. Sikap dan sifat mereka sudah selayaknya lebih menjadi cermin bagi umat dalam meningkatkan kualitas keimanan kepada Allha SWT.
Ada dua hal yang mungkin bisa dijadikan rujukan bagi kita untuk menjadi haji MABRUR


1. IKHLAS
 Hendaknya ibadah haji itu dilakukan dengan penuh keikhlasan semata-mata kepada Allah SWT. Karena tidak sedikit orang yamg melakukan ibadah haji hanya karena ingin dipandang oleh tetangga mereka bahwa mereka adalah orang yang mampu (Orang Kaya). Untuk Mereka yang seperti ini layak mendapat gelar HAJI TAKABUR


2. DENGAN UANG YANG HALAL
Allah hanya akan menerima amal ibadah seseorang dari yang baik- baik saja, sesuatu amal yang dikerjakan dengan menggunakan uang yang haram hanya akan menjadi kesia-sia belaka. Orang yang pergi haji dengan menggunakan uang yang haram hanya  akan menjadi putih dikepalanya saja alias Cuma KOPIAHNYA saja yang putih, hati dan perilakunya tetap saja tidak akan menjadi bersih.

Dua hal diatas hanyalah sebagian dari ratusan cara untuk mendapat gelar HAJI MAMBRUR, semoga Allah menerima amal ibadah haji  saudara-saudara kita yang saat ini berada di kota MAKKAH dan pulang dengan membawa gelar HAJI MABRUR.


EmoticonEmoticon